Sabtu, 16 Juli 2011

QUATTRO FIREPOWER: THE IMSA GTO AUDI 90


mari kita bicara tentang subyek dari artikel ini: tahun 1989 IMSA Audi 90 quattro GTO. Ini adalah mobil balap yang memecahkan cetakan dari apa yang dianggap "normal" dalam banyak hal dan ini termasuk lebih dari normal. sepertinya belum pernah terlihat sebelumnya dan Anda dapat dijamin bahwa tidak akan ada mobil seeperti ini yang akan dibangun kembali. Jadi mari kita mengambil waktu sejenak untuk menghargai yang pernah mereka buat.


IMSA Audi 90 GTO adalah salah satu termasuk mobil balap empat-pintu yang paling liar & paling berteknologi maju yang pernah mengikuti balap. pada dasarnya adalah mobil reli group B mesin bertenaga 700bhp berpenggerak AWD, dikawinkan dengan space frame chassis, dan dibungkus dengan tubuh serat karbon siluet.
Sebelum kita mempelajari GTO, mari kita lihat kembali pada program motorsport Audi yang mengarah pada penciptaan mesin balap yang liar ini...


Asal-usul dari Audi 90 GTO dimulai dengan pengenalan Audi sistem quattro sekarang terkenal ke WRC pada tahun 1981. Ini tampaknya sedikit jelas dengan standar saat ini, tetapi pada waktu itu, tidak ada yang berhasil menerapkan sistem AWD di reli. Audi quattro pertama mobil reli sangat berat dan rumit dibandingkan dengan pesaing RWD saat itu, tetapi keuntungan traksinya membuktikan bahwa dengan quattro Audi adalah tim pabrikan yang menjuarai WRC tahun 1982.


Dalam '83 mereka mengambil juara dunia pembalap di tangan Hannu Mikkola dan di tahun '84 menggenggam juara dunia pembalap dan produsen ditangan w / Stig Blomqvist.
Pada tahun 1985, Grup B liar mobil seperti Peugeot 205 T16 pindah ke latar depan kategori ini dan ditakdirkan. seperti nya menang dan memang menjadi legendaris. Audi mencoba untuk melawan dengan mesin Grup B gila mereka sendiri: the Sport quattro S1. tapi mobil ini tidak terlalu sukses melawan mobil generasi baru yang dibangun peugeot dengan penempatan mesin ditengah (mid-engine rally machines).

 Peugeot 205 T16
Peugeot 205 T16 dengan mid-engine rally machines


Audi menarik diri dari Kejuaraan Reli Dunia di '86 sebagai kategori Grup B dan runtuh dengan sendirinya. Mobil-mobil itu terlalu cepat dan berbahaya untuk kebaikan mereka sendiri dan serentetan profil atau gengsi tinggi, kecelakaan fatal berarti akhir sebuah era. Audi memang memiliki satu trik bagus sebelum mengakhiri mobil rally mereka yaitu serangkaian kemenangan pada balapan the legendary Pikes Peak hill climb. Gambar diatas menunjukkan kemenangan keseluruhan epik Walter Rohrl di Pike 1987 tombak hillclimb dengan versi 600 bhp khusus dari quattro Sport. Ini merupakan kemenangan ketiga berturut-turut untuk Audi di acara terkenal.
Pada kisah yang lain, reputasi Audi di AS menderita karena serentetan kerusakan rem / akselerasi dan banyak klaim menyerang perusahaan .... sehingga mereka beralih ke arena balap untuk membangun kembali citra merek mereka di AS.


Jadi, dengan misi dicapai dalam rally, apa yang harus dilakukan dengan teknologi quattro? Mengapa tidak membuktikannya pada jalur di Amerika? Tentunya ini bisnis AWD baik untuk sesuatu yang lain dari salju, kerikil dan lumpur, tentu tidak?
Audi menggunakan mesin reli dan drive train ke Audi 200 unibody, membangun sebuah mobil balap dan memasuki tahun 1988 Amerika Seri Trans Am.


Mobil ternyata cukup berhasil melawan kompetitor-kompetitor tube frame dan mengambil penghargaan keseluruhan di delapan balapan musim itu.

Hurley Haywood tahun 1988 Trans Am Driver Championship. Sejauh ini cukup baik.


Bersemangat untuk tantangan baru, Audi memutuskan untuk membangun sebuah mobil untuk Kejuaraan Camel yang kurang ketat dan lebih profesional IMSA GT.
Persaingan datang dari pabrik Roush Racing Cougars Merkurius dan 300Zs Nissan dari Cunningham Racing.



menakjubkan, meletakkan 720bhp pada Mobil balap AWD untuk dorong ke keempat roda .... Itu cara berpikir cukup gila bukan?


Mencermati foto diatas, Anda benar-benar melihat bagaimana mobil sedikit lebih lebar dari kerangka super-wide Audi-themed silhouette terpasang pada  full race tube chassis.
Render ini memberi Anda pandangan yang jelas tentang apa yang di bawah kulit mobil. Sungguh menarik untuk melihat seberapa jauh ke depan mesin itu duduk...?


Jadi jika Anda melihat dari samping ... mesin secara harfiah maju dari garis as roda depan. sangat tidak biasa.








Meskipun memenangkan tujuh dari tiga belas race, Audi kehilangan kejuaraan untuk Roush Racing tahun itu.Mungkin tidak membantu bahwa mereka duduk race ENDURO kedua pada awal tahun 1989: Daytona dan Sebring.

 Tapi bagi saya banyak mobil balap yang pernah dibuat AUDI tidak cukup gila dibandingkan dengan kegilaan murni Audi 90 GTO. Meskipun hanya bisa berlari selama satu tahun, tetapi telah menjadi mobil balap legendaris.

2 komentar:

  1. Dapatkan artikel aslinya di:
    http://speedhunters.com/archive/2009/05/26/retrospective-gt-gt-quattro-firepower-the-imsa-audi-90-gto.aspx

    Hahahhah..pa kabr JON?

    http://www.tokohajiumroh.com/
    http://www.aqiqahmurah.co.cc/

    BalasHapus
  2. hooi... bang jati. gimana kok ga pernah main ke bengkel? hehehe

    BalasHapus