Senin, 18 Juli 2011

Tyrrell P34


Tyrrell P34 (Project 34), atau dikenal sebagai "the six-wheeler", adalah Formula Satu mobil balap yang dirancang oleh Derek Gardner , Tyrrell adalah chief designer-nya.
Mobil menggunakan empat roda dan ban yang dibuat khusus 10-inch-diameter (250 mm)  di bagian depan, dengan dua roda berukuran biasa di belakang. desain yang sangat berlawanan dengan pemikiran yang saat itu sedang berkambang. gagasan dari ban depan yang lebih kecil tidak memiliki "daerah frontal" yang lebih kecil untuk mengurangi tahanan angin, sebagai daerah frontal masih ditentukan oleh lebar berukuran standar slick belakang. Bahkan, desain enam roda mengurangi daya angkat disebabkan oleh dua roda depan lebih besar, dan meningkatkan downforce bagian depan, meningkatkan kontak total ban depan dan menciptakan area menyapu lebih besar untuk cakram rem. 


pertama berlari di GP Spanyol di 1976 , dan terbukti sangat kompetitif. Kedua Jody Scheckterdan Patrick Depailler mampu menghasilkan hasil yang solid dengan mobil, tapi sementara Depailler memuji mobil terus, Scheckter menyadari itu hanya akan kompetitif untuk sementara. Khusus ban Goodyear tidak sedang cukup berkembang pada akhir musim. Saat keemasan itu datang juga P34 menang di Swedia Grand Prix Scheckter dan Depailler selesai pertama dan kedua, dan sampai saat Scheckter adalah satu-satunya pembalap yang pernah memenangkan perlombaan di sebuah mobil enam roda. dan dia akhirnya meninggalkan tim di akhir musim, bersikeras bahwa enam roda adalah "sepotong sampah!"



The Tyrrell P34 being driven by Jody Scheckter

Untuk 1977, Scheckter digantikan oleh orang Swedia Ronnie Peterson , dan P34 didesain ulang sekitar aerodinamika. P34B itu lebih luas dan lebih berat dari sebelumnya, dan, meskipun Peterson mampu merentangkan beberapa hasil yang menjanjikan dari P34B itu, seperti Depailler, jelas mobil itu tidak sebagus seperti sebelumnya, sebagian besar karena kegagalan produsen ban untuk benar-benar mengembangkan ban depan berdiameter kecil. Tambahan berat dari sistem suspensi depan juga dikutip sebagai alasan untuk mengakhiri proyek tersebut. Jadi, P34 itu ditinggalkan untuk tahun 1978, dan bab yang benar-benar luar biasa dalam sejarah F1 sudah berakhir.

Tyrrell P34 at the Silverstone Classic event in 2008.

Baru-baru P34 telah pemandangan populer di acara balap bersejarah, membuktikan sekali lagi kompetitif. Hal ini dimungkinkan ketika Avon perusahaan ban setuju untuk memproduksi pesanan 10-inch ban untuk Simon Bull, pemilik sasis No 6. Pada tahun 1999 dan 2000 yang dibangkitkan P34 berkompetisi di sejumlah sirkuit Inggris dan Eropa sebagai peserta dalam FIA Thoroughbred Grand Prix seri. Didorong oleh Martin Stretton, mobil memenangkan seri TGP langsung pada tahun 2000, mobil kakak mengulangi bahwa keberhasilan pada tahun 2008 di tangan Pane Mauro, contoh ini sekarang bagian dari koleksi pribadi di Italia. Stretton juga dicapai banyak Posisi pole dan menang kelas di Grand Prix Historique de Monaco. P34 juga telah melihat beberapa kali di Festival Goodwood Speed ​​.


Seiring dengan Brabham BT46B "Fancar" dikembangkan di 1978, Tyrrell P34 dengan enam roda adalah salah satu dari dua entri yang paling radikal yang pernah berhasil bersaing di Formula Satu (F1) , dan secara khusus disebut sebagai desain yang paling dikenal dalam sejarah dunia olahraga bermotor. 
   
Tyrrell P34
KategoriFormula Satu
PembinaTyrrell Racing Organisasi
Designer (s)Derek Gardner
Spesifikasi teknis
CasisAluminium monocoque
Suspensi (depan)Tidak merata-Double-Wishbone panjang
Suspensi (belakang)Tidak merata-Double-Wishbone panjang
Panjang4320 mm
MesinV8 Ford Cosworth DFV- . 485 hp = 362 kW pada 10.600 rpm, 363 Nm pada 7000 rpm. Top speed 300 km / jam 2.993 ccV8 naturally aspirated Mid-bermesin ,dipasang longitudinal
TransmisiHewland FG400 5 kecepatan (1977: 6 kecepatan) Sequential transmisi manualZF diferensial
Berat badan595 kg (1977: 620 kg)
Bahan bakarELF Aquitaine
BanGoodyear
Kompetisi sejarah
Terkemuka pendatangElf Tim Tyrrell
Terkemuka driverJody Scheckter 
Patrick Depailler 
Ronnie Peterson
Debut1976 Grand Prix Spanyol
BalapanMenangPolandiaLap tercepat
30113
Tim 'Kejuaraan0
Konstruktor Kejuaraan0
Driver 'Kejuaraan0
nb Kecuali dinyatakan lain, semua data merujuk pada
Kejuaraan Dunia Formula Satu Grand Prix saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar